Pengertian Teks P「Indonesian odds」idato Persuasif

  • 时间:
  • 浏览:0

KOMPAS.com - Suatu pIIndonesian oddsndonIndonesian oddsesian oddsidato dapat memengaruhi pendengar jika bersiIndonesian oddsfat persuasif. Pidato persuasif dapat diartikan sebagai pidato yang bersifat mengajak atau membujuk pendengar untuk melakukan hal yang disampaikan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam merebut perhatian audiens dengan memberikan pernyataan yang dramatis. Selain itu, perlihatkan atau tunjukkan rasa empati kepada audeiens.

Selanjutnya,memahami tujuan yang ingin dicapai dengan pidato yang akan disampaikan. Setelah semuanya terbuat, yangterakhir adalah memahami pendengar atau audiens yang mendengar pidato persuasif tersebut.

Usahakan tidak menggunakan satu sumber sebagai bahan menulis pidato persuasif. Pastikan membaca ragam sudut pandang, bukan hanya satu sudut pandang.

Dimulai dari pemahaman orang yang menyampaikan pidato terhadap topik yang ingin disampaikan. Jika yang dipilih adalah topik kontroversial, sebaiknya mempersiapkan argumen dari semua sisi atau sudut pandang terhadap topik tersebut.

Ada tiga cara membujuk atau mengajak audiensi, yaitu:

Dalam buku Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019) karya Minarti Try Astuti, pengertian teks pidato merupakan sebuah teks yang berisi gagasan, pendapat, dan pengetahuan terhadap suatu hal yang akan disampaikan di depan umum.

Sebelum memulai menulis, sebaiknya mempersiapkan topik yang ingin disampaikan dalam pidato. Hal ini sangat penting karena keberhasilan mengajak atau membujuk orang.

Baca juga: Jenis-Jenis Teks Deskripsi dan Cara Menulisnya

Baca juga: Pengertian Teks Deskripsi

Adapun struktur teks pidato persuasif sama dengan struktur teks pidato, ceramah, atau khotbah. Berikut struktur teks pidato persuasif, yaitu:

Setelah menentukan topik, diharapkan pemberi pidato memperbanyak membaca buku, surat kabar, atau artikel yang berkaitan dengan topik yang dipilih.

Baca juga: Struktur Teks Deskripsi dan Kaidah Kebahasaannya

Menyampaikan pidato persuasif

Sampaikan tujuan dan ide-ide pokok dari pidato dengan menambahkan data dan fakta. Tutup pidato yang berkesan di hati audiens.

Bagian pembukaan berisi salam dan hormat kepada audiens. Di sini pemberi pidato mengenalkan topik yang akan disampikan dengan menarik.

Bagian penutup berisi kalimat-kalimat penutup, hormat, dan salam yang disampaikan dengan mengesankan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Bagian isi berisi ide pokok yang disertai argumen yang meyakinkan. Gunakan data dan fakta di dalamnya.

Jika berhasil memahami audiens, maka keberhasilan pidato untuk membujuk atau mengajak mereka akan sangat besar.