Vaksin Pfizer dan Moderna Segera Dipakai di Indonesia, Apa Bedanya dengan V「Baccarat formula play」aksin Covid

  • 时间:
  • 浏览:0

KOMPAS.com - Menyusul Moderna, vaksin Pfizer akhirnya mengantongi izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan segera dipakai dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Tujuannya adalah untuk memicu sistem kekebalan tubuh terhadap virus tanpa menimbulkan respons penyakit yang serius, seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Tak hanya vaksin Pfizer yang menggunakan platform tersebut karena vaksin Covid-19 Moderna yang juga segera dipakai di Indonesia dikembangkan dengan teknologi yang sama, yakni berbasis mRNA.

Lantas, apa perbedaan vaksin Moderna dan Pfizer yang segera dipakai di Indonesia dibandingkan vaksin Covid-19 lainnya?

Kita peduli, pandemi berakhir!

BPOM telah menerbitkan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin Comirnaty Pfizer di Indonesia pada Rabu (14/7/2021), seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya.

Baca juga: Vaksin Pfizer dan Moderna Lebih Manjur pada Pria, Studi Jelaskan

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan asal Amerika Serikat, Pfizer, bersama mitranya dari BioNTech, Jerman, ini diberi nama vaksin Comirnaty.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Berbeda dengan vaksin Pfizer dan Moderna, teknologi yang digunakan dalam pengembangan vaksin Sinovac bukanlah metode baru. Sebab, vaksin tersebut dikembangkan dari virus utuh, yakni dari SARS-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19 yang dilemahkan yang disebut inactivated viruses.

Vaksin Covid-19 pertama yang digunakan di Indonesia, yakni yang diproduksi Sinovac Biotech asal China.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Hal itu disampaikan Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers Penerbitan EUA Vaksin Comirnaty, Kamis (15/7/2021).

Vaksin Pfizer dan BioNTech, kata Penny, menggunakan platform messenger RNA (mRNA).

Baca juga: Vaksin Pfizer dan Moderna Dosis Kedua Efektif Cegah Covid-19, CDC Jelaskan

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.