Lindungi Tubuhnya dari Kuman, Semut 「Football early」Jilat Pantat Sendiri

  • 时间:
  • 浏览:0

SepertFootbFootball earlyall earlyi dikutip dari Science AlertFootball early, Jumat (6/11/2020) untuk mengetahui apa yang menyebabkan semut berperilaku demikian, peneliti kemudian melakukan eksperimen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Namun tak seperti yang kita duga, zat beracun itu ternyata digunakan semut sebagai disinfektan, sehingga tubuhnya bersih dari kuman.

Baca juga: Dulu Semut Punya Sayap, ke Mana Hilangnya?

KOMPAS.com - Baru-baru ini, tim peneliti menemukan sesuatu yang aneh dari semut. Setiap kali serangga tersebut selesai menelan makanan atau minum, mereka akan mulai menjilati pantatnya sendiri.

Melihat keanehan itu, ahli zoologi Simon Tragust dari Universitas Martin Luther, Jerman memutuskan untuk melakukan studi.

Studi dilakukan dengan cara mencegah semut menjilat pantat mereka. Pertama-tama, peneliti membiarkan semut Carpenter Florida (Camponotus floridanus) untuk makan terlebih dahulu. Selanjutnya semut dibuat lumpuh dengan es.

Baca juga: Unik, Begini Cara Semut agar Tak Tenggelam di Lautan Gula

Saat semut terlalu dingin mereka akan berhenti bergerak tetapi semut akan kembali ke kondisi semula di suhu normal. Peneliti kemudian menguji tingkat pH pada sistem pencernaan mereka.

Hasil analisis penelitian yang telah dipublikasikan di eLife ini menunjukkan, bahwa pantat semut ternyata mengeluarkan zat beracun yang disebut asam format.