5 Tips Mencegah Tanama「Malaysia Gambling Network」n Tomat Terbelah

  • 时间:
  • 浏览:0

Retakan Malaysia Malaysia Gambling Networkgambling Networkini dapat terjadi pada tahap mana pun ketika tomat masih mentah atau sudah siap panen. Tomat dapat retak dalam dua cara. 

Pertama, perpecahan vertikal, yakni retakan radial memanjanMalaysia GamMalaysia Gambling Networkbling Networkg dari atas ke bawah. Kedua, retakan konsentris. retakan ini sering muncul pada bagian atas buah, membentuk retakan di sekitar batang.

Baca juga: Ingin Menanam Tomat? Ini Jenis Pupuk dan Aturannya agar Tumbuh Subur

Ketika tanaman tomat tumbuh dalam kondisi kekeringan, lalu tiba-tiba hujan lebat atau disiram dengan banyak air, hal ini akan menyebabkan bagian dalam tomat tumbuh lebih cepat daripada kulit luarnya sehingga mengakibatkan tomat retak dan terbelah. 

Tomat membutuhkan sekitar satu inci air per minggu, jadi sirami tanaman tomat setiap dua hingga tiga hari selama musim kemarau.

Tentu, hal ini mengurangi keindahan bentuk tomat dan membuatnya cepat membusuk. Biasanya, permukaan tomat yang terbelah karena terjadi fluktuasi jumlah air pada tanaman.

Jika retakan tidak memperlihatkan bagian dalam buah, kamu dapat membiarkannya hingga siap panen, tetapi dengan pengawasan. Lantas, bagaimana mencegah buah tomat agar tidak terbelah?

Baca juga: Tanaman Pendamping Cabai di Pekarangan Rumah, Tomat hingga Bunga

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Kedua retakan tersebut dapat memungkinkan hama masuk atau menyebabkan pembusukan, tetapi retakan konsentris umumnya tidak terlalu parah.

Baca juga: 3 Masalah yang Sering Dialami Tanaman Tomat dan Cara Mencegahnya

Melansir dari Gardening Know How, Minggu (29/8/2021), berikut ini tips mencegah tanaman tomat terbelah.

Kamu bisa mengetahui apakah tanaman tomat membutuhkan air dengan memasukkan jari telunjuk sedalam satu inci ke pangkal tanaman. Jika terasa kering, artinya tanaman tomat perlu disiram.

Baca juga: Penyebab Tanaman Tomat Layu Setelah Hujan Lebat dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memanen tomat, tak jarang kamu menemukan beberapa tomat yang mengalami kerusakan seperti permukaan kulitnya yang tersayat, robek, bahkan terbelah.