Kenapa 「Blackjack Technique」Adonan Harus Diuleni Sampai Kalis?

  • 时间:
  • 浏览:0

Proses Blackjack TechniquemeBlackjack Techniquenguleni jBlackjack Techniqueadi cara untuk mencampurkan protein tersebut sehingga bisa membentuk gluten.

Apple Pie Non-Oven di Hotel Ciputra Jakarta

“Kalau adonan kemarin (apple pie) karena dia pakai mentega banBlackjack Techniqueyak. Kalau dia terlalu kalis, nanti ngaret, kelamaan ngaduk jadi kayak roti,” kata Anis ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/7/2020).

Kamu mungkin sering mendengar istilah kalis. Kalis adalah tahapan pada adonan yang sudah diuleni dengan baik. Jika adonan sudah kalis, artinya gluten telah terbentuk secara sempurna dan adonan pun siap diproses lebih lanjut.

Gluten ini bertugas memproduksi tekstur elastis atau kalis pada adonan. Setelah bahan-bahan untuk adonan dicampurkan, protein yang berada di dalamnya masih berantakan dan saling terkait satu sama lain.

Executive Pastry Chef Hotel Ciputra Jakarta, Anis Kurniawan mengatakan beberapa adonan untuk jenis makanan tertentu tidak perlu diuleni sampai kalis karena nantinya malah membuat makanan tersebut tak punya tekstur seperti yang diharapkan.

Adonan kalis bisa terlihat di antaranya jika adonan sudah tak lengket di tangan dan elastis alias bisa ditarik dan membentuk lembaran tipis yang sedikit transparan.

Baca juga: Resep Apple Pie Non Oven, Cuma Perlu Digoreng

Baca juga: Kenapa Adonan Roti Tawar Tidak Mengembang? Hindari 8 Kesalahan Berikut...

Menguleni adonan memang penting, tetapi tak semua adonan harus diuleni sampai kalis. Roti misalnya, hampir selalu memerlukan pengulenan hingga kalis untuk menghasilkan tekstur yang baik.

Dilansir dari The Spruce Eats, menguleni adonan berfungsi untuk membangun struktur dan kekuatan pada adonan. Tepung mengandung dua protein yang menyatu dan membentuk gluten.

Namun beberapa sajian seperti apple pie, tak memerlukan adonan yang diuleni sampai kalis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Ilustrasi adonan roti.



JAKARTA, KOMPAS.com – Menguleni adonan jadi salah satu langkah paling krusial dalam membuat pastry.